Sunday, January 10, 2016

Alien yang lain - Breast Cancer 2B. Cerita 1 : Bagaimana bisa tahu?




Ini adalah terusan tulisan : be careful of what you wish for.
Jadi, ternyata oh ternyata, didalam tubuh gw, selain ada Keloidnya (boleh baca : alien bernama keloid), ternyata ada pula alien lain yang baru saja menggeliat bangun di toket gw.  Iya, toke gw yang kecil imut2 itu berani2nya dijajah sama cancer... bener2 tega deh ini yang namanya sel cancer....


Oke, ceritanya bermula dari...
---------------------------------------------------------------




Medical Check-up 9 November 2015, hari bersejarah banget buat gw.  Dokter cewe saat itu bilang : mau periksa payudara? Gw bilang : boleh (ya boleh lah, dipegang2 toketnya, hahaha).  Saat itu gw yakin 100persen kalau hasil pemeriksaan bakalan baik2 aja.  Lha February 2014 aja gw baru jalanin USG mammografi dengan hasil normal, nah, padahal saat itu gw datang ke unit radiasi dengan keluhan nyeri dan benjolan di payudara kanan. ternyata bukan apa2 tuh... apalagi sekarang, ngga ada keluhan apa2, ya pasti bakalan aman2 aja kok...


Wheladalah, tenyata ngga begitu hasilnya.  Dokter cewek yang lumayan berumur (halah paling seumuran gw) dan cekatan ini, setelah nguwek2 toket gw, kemudian bilang : hmm kok ada benjolan ya di payudara kanan, coba deh mbak dirasakan -- sambil menunjukkan area payudara kanan.  Ih, masa gw pegang2 toket sendiri, begitu pikiran gw... tapi eh bener, kok ada benjolan ya... haduh apa iniiiih
Dokter sempat bilang : mungkin ini hanya benjolan hormonan karena saat itu gw sedang menstruasi.  Yang paling bener adalah, mengecek kembali ke dokter, atau USG/mammografi setelah menstruasi kelar.


Gw pulang dengan perasaan mengharu biru, eh engga deng... dengan perasaan rada limbo (limbo tuh apa ya... kayaknya rada bengong gitu deh). Dan karena masa menstruasi gw saat itu baru mulai dan juga karena banyaknya kerjaan yang bikin jadwal ke doker jadi rada ribet, plus tambah ada unsur malas/serem kalau ternyata hasilnya menyeramkan, gw baru ke dokter tanggal 27 Nov, itupun setelah Indra udah nyuruh2 saban hari buat ke dokter...


-----


27 November
Nah ini juga hari bersejarah ni... Hari ini tuh Kamis, jadwal gw work from home, so cita2nya adalah USG pagi2, dapet hasil okeh, lalu kerja di kafe kecil di sekitar daerah puri.  Perfect plan for Thursday lah... Pertama gw ke Dokter umum dulu untuk dapetin rujukan USG mammogram.  Kenapa harus ke dr umum dulu? Karena kalau langsung ke USG, ngga akan bisa dibayarin oleh Asuransi ;)
Dr Umum yang gw datangin, Dr Jayari, sebelum bikinin rujukan, juga periksa fisik dulu, mungkin supaya jelas bener ada benjolan ya...(soalnya dulu dr umum yang gw minta rujukan langsung bikin surat aja, ngga pake pegang2 dulu... lumayan lah, jadi ini dokter ke 2 yang pegang toket gw)


Ada unsur lucunya disini, si dokter ini, sebagai dokter umum yang berkelamin cowok, dia pastinya lebih sering berhadapan dengan kasus mencret pilek cacar demam dong, tinimbang ada yang datang mengeluh benjolan di payudara.  Keliatan banget canggungnya, plus kita justru lama nunggu suster datang, karena dia ngga berani periksa tanpa ada saksi, takut gw merasa diapa2in kali yaaa (sementara gw sih nyantai2 aja...haha)




Pengamatan fisik sih sama hasilnya, ada benjolan, langsung gw capcus menuju bagian radiologi - USG Mammografi. Nah, dr Radiologi yang memeriksa gw, ternyata masih sama dengan yag dulu memeriksa gw setahunan yang lalu.  Begitu melihat gambar benjolan di payudara kiri, dia langsung jenggirat (aduh, apa ya jenggirat itu, kaget lah).  "Lho kok ini ada tumor sih? kamu dulu kan bersih ya? emang ngga kerasa? kok bisa sih ngga kerasa? Hayo ke dr umum tadi minta rujukan mammografi, trus nanti malam langsung ke dr bedah onkologi ya, buruan!"
Rasanya kayak mitraliur deh, dor dor dor, harus ini itu... dikepala gw cuman, haduuuh, gagal deh ngopi2 sambil kerja nih... Saat itu belum kepikir panjang bahwa kejadian ini bakal ngubah hidup gw berbulan2 kedepan...


Setelah dapet rujukan ulang (iya bolak balik kesana kemari demi rujukan ini lumayan bikin capek), gw balik ke bagian radiologi, kali ini untuk Mammografi.  Awalnya gw bingung, emang beda ya USG mammogram ama mammografi? ternyata iya beda banget
USG mammogram itu persis kaya USG, pake gel2 gitu yang dioles ke payudara, dan selain ngga sakit, dia berguna untuk deteksi dini.  Kenapa deteksi dini? karena dia ngga bisa ngasih tahu apa jenis tumornya, hanya untuk melihat apakah ada benjolan, dan apakah benjolan itu tumor atau hanya kista saja.
Nah, Mammografi itu, modelnya kaya foto rontgen, payudara difoto dengan sinar X-ray.  Katanya sakit? ya lumayan sih, soalnya payudara digenceeet sampai (agak) rata demi dapat gambar yang bagus,  Buat gw yang toketnya imut gini, agak susah juga sih mammografi, lha bagian yang mau difoto, nempeeeel banget sama dada gw. Gw sampai ketawa2 pas diterangin sama susternya gimana pakainya...


Hasil mammografi menunjukkan ada tumor dengan BIRADS 4.  Birads itu adalah ukuran (skala) tumor ganas atau jinak.  Birads 1 itu cenderung ke jinak (benign) sementara birads 6 itu cenderung (hampir pasti) ganas. Nah kalo birads 4? hmmm ya gitu deh, menceng2 ke arah ganas..... huhuhu...


Malam itu juga, gw langsung ke dokter bedah Onkologi, Dr Cahyo di RSPI. Untung banget si dokter yang satu ini prkakteknya di hari Kamis, jadi gw ngga perlu bolak balik untuk bisa ketemu dia.....




---lanjut ke Diagnosa Onkologi ----

2 comments:

Unknown said...

Kak minta emailnya ya,mau nanya ttg keloid terimakasih

rinasinam said...

hola, agam. saya bisa dihubungi di inasinam@gmail.com