Tuesday, October 14, 2014

Makanan Indonesia


Kalau kita ke restoran Italia, apa yang kita harapkan bakalan ada di daftar menunya? Pasta, Pizza, rissoto, bruschetta kan? Kalo restoran Jepang? Sushi, sashimi, ramen, udon, tempura.  Restoran Korea? Bulgogi, Bimbimbap, Soup ayam ginseng. Restoran China? Dimsum, bebek peking, nasi hainam, pu yung hai, ayam kuluyuk, dll.

Nah kalau restoran Indonesia? Jangan bilang beda2 sesuai daerah ya.. Soalnya emang tahu sih Indonesia itu banyaaak banget makanan enaknya, dan masing2 punya set menu yang lebar banget. Tapi misalkan nih, kita bikin restoran Indonesia di luar negeri, dan udah ada standarnya, masakannya itu apa aja, kan asik.  Bosen banget yang dikenal dari Makanan Indonesia cuman nasi goreng aja... kurang seru ah...

Dibawah ini, adalah versi gw untuk makanan Indonesia kalau pura2nya gw bikin restoran di seluruh penjuru dunia.  Pernah dengar sih ada departemen apa gitu yang bikin 100 makanan pilihan Indonesia pake rapat2 beneran gitu. Nah, tapi yang ini tuh bener2  pilihan gw sendiri, secara gw merasa diri gw cukup mainstream untuk mewakili pendapat umum.  Yang gw pilih adalah makanan yang Indonesia banget atau bisa mewakili Indonesia, dan ngga ada padanannya di masakan negara lain (contohnya : misalnya gw ngga masukin kroket ayam, karena itu serupa atau bahkan saudara dari croquette-nya Belanda). Tapi, kalau ada yang punya tambahan, atau ngga setuju dengan pilihan gw, monggo dikomen...

Oh ya, foto2 dibawah sama sekali bukan foto gue, diambil secara acak di google image dengan kata kunci makanan2 dibawah.  Mudah2an ngga ada yang protes ya, mengingat tulisan ini bukan tulisan komersial atau untuk jualan, dan peletakan disini hanya untuk mencari foto yang paling mudah menggambarkan makanan yang disebut.

Menu ini akan dibagi menjadi 4 bagian : Appetizer aliyas makanan pembuka, Makanan Utama, Snack dan Dessert atau makanan penutup.  Snack disini lebih dikategorikan pada makanan ringan dan kue, sementara dessert lebih sebagai hidangan penutup manis.

Appetizer




- Somay ala Bandung 
- Gado-Gado 
- Karedok
- Bakso
- Bubur Menado
- Mie Aceh
- Otak-Otak
- Bubur Menado
- Aneka Gorengan : bakwan, tempe, singkong, tahu isi

Makanan Utama
- Soto Ayam (versi Surabaya/Lamongan)
- Sop Buntut
- Nasi gudeg lengkap (nasi+gudeg+ ayam+telor+krecek)
- Nasi Rawon
- Nasi Rendang (Nasi+Rendang+ sambel ijo+ sayur gulai + timun+daun singkong)
- Ikan bakar Rica ala Sulawesi
- Nasi Goreng
- Nasi ayam kremes
- Nasi Bali ( Nasi + ayam betutu + sate lilit+ urap + sayur)
- Nasi Timbel (Nasi+sayur asem+ ayam goreng, tempe, ikan asin+Lalap)
- Sop Konro
- Sate Ayam

Snack

- Pastel
- lumpia goreng ala semarang
- klepon
- kue lapis beras
- kue lapis legit
- Arem - arem
- Wajik ketan
- Bika Ambon
- Lemper Ayam

Makanan Penutup



- Serabi Kinca ala Padang
- Es Pisang Ijo
- Es Teler
- Es Kacang Merah
- Es Cendol/dawet
- Es Podeng
- Jus Alpokat
- Wedang Ronde

nah ini dia list gw... lumayan banyak, tapi juga lumayan mewakili makanan2 yang menurut gw pantas dikenal sebagai makanan Indonesia dan mencapai popularitas setara pizza, sushi, ataupun ketan-mangganya restauran Thailand.

No comments: